Tips & trick
Oli adalah komponen pelumas dalam
sebuah mesin.Dan fungsioli seringkali hanya dianggap sebagai pelumas
mesin padahal oli juga memilikifungsi lain yang tidak kalah penting,
seperti sebagai pendingin, pelindung darikarat, pembersih dan penutup
celah pada dinding mesin.
Sebagai
pelumas, olimembuat gesekan antar komponen dalam mesin menjadi lebih
halus dan memudahkanmesin mencapai suhu kerja yang ideal. Oli juga
bertindak sebagai fluida yangmemindahkan panas ruang bakar ke bagian
lain dari mesin yang lebih dingin.
Melihat
fungsi penting dari oli, maka perlulah kitamengetahui bagaimana cara
memilih oli yang tepat untuk mesin sepeda motor kitaagar mesin sepeda
motor bekerja secara optimal dan lebih awet tentunya.
Ø Pertama,mengenalbahan dasarnya, ada 3 jenis oli dilihat dari bahan dasarnya yaitu:
1.Mineral
2.Synthetic blend (Semi Sintetik)
3. Full Synthetic
Secara
kasat mata sulit untuk membedakannya namunyang pasti tiap jenis
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing olimineral lebih tahan
terhadap penguapan namun viskositas (kekentalannya) mudahberubah karena
tidak tahan suhu tinggi dan kondisi ekstrim sedangkan olisintetik lebih
mudah menguap tapi viskositasnya lebih stabil dan tahan dalamkondisi
ekstrim panas maupun dingin.
Oli
mineral cocok untuk motor keluaran tahun lamakarena clearance atau
celah-celah mesinnya lebih renggang, lain halnya denganoli semi sintetik
yang lebih cocok untuk motor-motor keluaran tahun terbaru,sedangkan oli
full sintetik lebih cocok pada motor high performance, multisilinder,
multi klep dan berkompresi tinggi atau motor yang digunakan
untukkeperluan kompetisi (balap), sebenarnya motor harian tidak haram
menggunakanoli full sintetik hanya saja akan menjadi mubazir karena dari
segi ekonomis oliyang benar-benar full sintetik harga per liternya
mahal sekali.
Ø Kedua,kenali kode – kode dan sertifikasi pada kemasan Oli.
Kalau
kita baca dan perhatikan pada kemasan Oli adatulisan kode huruf dan
angka misalnya seperti ini : (10W-40 API service SL / JASOMA2). Kalau
teman baca tulisan tersebut gak usah bingung apa maksudnya, kode –kode
tersebut merupakan “sertifikat” dan keterangan yang diberikan
olehperusahaan pembuat oli tersebut, Sertifikat terhadap kualitas oli
secarainternasional beragam, namun yang umumnya sering dipakai sebagai
standar oli didunia adalah API dan JASO. Lalu apakah API dan JASO itu?
API
yang ini bukan buat masak locah melainkanAmerican Petroleum Institute,
adalah lembaga yang mengetes dan memeriksakualitas oli yang dipakai di
negara-negara eropa dan amerika dan umumnyastandar API sudah dimiliki
oleh hampir seluruh merek oli.
API
Service biasanya menggunakan inisial S = untukbensin dan C = untuk
solar. Adapun huruf yang mengikuti di belakangnyamerupakan tingkatan
(grade) dari oli tersebut. Contoh: SA, SB, SC, SD, SE, SF,SG, SH, SJ, SL
(bensin) CA, CB, CF, CH, CH4 (solar).
Semakin
jauh abjad yang mengikutinya, semakin baguskualitas oli tersebut dan
telah memenuhi syarat oli sebelumnya. Dengan katalain kendaraan yang
dianjurkan menggunakan oli dengan grade SH dapatmenggunakan oli grade
SL. Tetapi tidak sebaliknya karena akan ada efek sampingseperti mudah
oli menguap, terlalu cepat minta diganti, mudah berubah warnadll.
Berikut grade yang ada di pasaran (untuk bensin):
API Service SL: untuk kendaraan tahun 2001
API Service SJ: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SH: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SG: untuk kendaraan tahun 1993
API Service SJ: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SH: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SG: untuk kendaraan tahun 1993
Sedangkan
JASO (Japanese Automotive StandarAssociation) adalah lembaga di jepang
yang mengecek dan menguji kualitas oliuntuk kendaraan di negaranya
(timbul pertanyaan kok jepang ngeluarin standaroli sendiri?) itu karena
karakteristik mesin dan kendaraan buatan eropa dengankendaraan buatan
jepang berbeda. Motor-motor buatan jepang umumnya menggunakankopling
basah sedangkan kendaraan buatan eropa menganut sistem kopling
keringyang artinya tidak terendam oli sehingga kendaraan buatan eropa
cukup dengansertifikasi API sedangkan kendaraan buatan jepang selain
sertifikasi API wajibmemiliki sertifikasi JASO.
JASO
MA adalah kode untuk menunjukkan bahwa olitersebut sangat cocok untuk
motor berkopling basah (terendam oli) dan umumnyasemua motor yang masuk
ke indonesia menganut sistem kopling basah jadi sayasarankan pilih oli
HARUS punya sertifikasi ini, kalau gak ada kode inimendingan jangan
pilih oli tersebut, karena akan beresiko kanvas kopling motorsobat cepat
aus dan selip bahkan gosong. Sedangkan kode di belakang JASOmenunjukkan
kualitas sertifikat. Yang paling tinggi adalah JASO MA2 jadi klobisa
pilih yang kode MA nya paling tinggi. Khusus untuk motor matic pilih
yangada kode JASO MB karena tipe mesinnya berbeda.
Terus
kode angkanya (misal 20w-50 atau 10w-40)artinya apa tuh? ini artinya
oli memiliki tingkat viskositas atau kekentalandengan indeks (10) pada
keadaan dingin (Winter) dan akan berubah menjadikekentalan dengan indeks
(40) pada suhu 100 derajat celcius.
Lalu bagaimana dengan motor
matic bisakah pakai olimobil? Kan sistem transmisinya terpisah dari
mesin tuch. Jawabannya sama yaitutidak direkomendasikan, alasannya
meskipun mesinnya mirip-mirip dengan mobiltapi faktanya mesin motor baik
itu matic atau motor apapun lebih stressdaripada mesin mobil, bisa
dilihat dari RPM nya. Putaran mesin motor bisasampai 9000 RPM (belum red
line) bahakan lebih, sedangkan mobil pada umumnyahanya 6000 RPM (lebih
dari itu masuk red line), sehingga motor lebih memerlukanoli yang tahan
banting dan tahan stress karena melumasi tiga bagian pentingyaitu mesin (
piston, klep, kem, kruk as brikut teman2 nya), kopling, dangearbox.
Jika dipaksakan pake oli mobil yang hanya diformulasikan untuk mesinsaja
dikhawatirkan olinya lebih cepat minta ganti, performanya cepat
menurunlalu kekentalannya mudah berubah sehingga tidak mampu bekerja
maksimalmelindungi mesin, ujung – ujungnya bisa merusak mesin.Untuk
mesin motor 4tak biasanya ada tulisan 4T atau kalau gak ada
tandatersebut cukup baca kodenya saja kalau ada kode JASO MA itu
tandanya untukmotor kopling basah, kalau JASO MB untuk motor matic.
ABOUTME
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Kami Mx Club Aceh Ialah Induk Atau Paguyuban Dari Club Mx Yang Berdiri Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yaitu (MX-CL,MX-CS,MX-CBA) Salam, "Bersatu Mx Untuk Sama,Bersama Mx Untuk Satu"
0 comments:
Post a Comment